106 – Menag Sambut Kloter Terakhir Jemaah Haji

asSalaamu’alaykum,

Menag Sambut Kloter Terakhir Jemaah Haji

Penulis :
12 Desember 2011
Jakarta, (Pinmas) — Seluruh jemaah haji Indonesia telah tiba di tanah air, kecuali 45 orang yang masih harus dirawat di rumah sakit di Arab Saudi. Kedatangan kelompok terbang (kloter) terakhir, Minggu (11/12) siang di terminal haji bandara internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng disambut oleh Menteri Agama Suryadharma Ali.

“Secara umum pelaksanaan ibadah haji mengalami kemajuan dan sukses, hanya masih ada masalah,” kata Menag dalam penyambutan jemaah kloter 85 / JKS asal Kabupaten Bandung, Jawa Barat yang mendarat pukul 13.30 WIB dengan pesawat Saudia Airline nomor penerbangan SV 5606.

Tampak mendampingi menteri dalam penyambutan itu, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Slamet Riyanto, Direktur Pelayanan Haji Zainal Abidin Supi, Kepala Pusat Informasi dan Hubungan Masyarakat Zubaidi dan Kakanwil Kemenag Prov. Jawa Barat Saeroji.

Menag mengakui, masih ada kekurangan dalam pelayanan jemaah haji Indonesia. Namun demikian tidak ada maksud untuk meremehkan pelayanan dan tugas. “Bukan kesengajaan tapi keadaan yang tidak bisa dihindari, ibarat pesta ada saja piring yang pecah,” katanya.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh jemaah, karena jemaah haji Indonesia dikenal sebagai jemaah yang dapat bekerjasama dengan panitia, mudah diatur, dan cepat diberi pengertian. “Saya juga menyampaikan kekaguman pemerintah Arab Saudi dengan jemaah kita, teratur, santun, sopan,” ucap Menag yang mengenakan seragam batik haji.

Menag mengatakan, pelayanan haji tahun ini dapat dikatakan meningkat, seperti fasilitas pemondokan yang semakin dekat dari Masjidil Haram. “Namun kita akan menghadapi tantangan pada tahun 2012. Karena saya membaca berita ada 1750 gedung di dekat Masjidil Haram yang akan dibongkar. Berarti makin sulit mendapat gedung dengan radius di bawah 2.500 meter dari Masjidil Haram,” kata menteri.

Meski demikian lanjutnya, pemerintah Indonesia akan berupaya mengatasi masalah ini. Sehingga fasilitas pemondokan haji pada tahun depan tidak mengalami penurunan. “Kami berupaya mempertahankan, karena itu akan bekerja lebih awal, lebih keras sehingga tahun 2012 lebih baik lagi,” tandas Menag.

Direktur Pelayanan Haji Zainal Abidin Supi mengatakan, jemaah haji yang berangkat tahun ini 221 ribu orang, adapun jemaah haji reguler sebanyak 202.343 orang, selebihnya jemaah haji khusus. Jemaah yang terbang dengan pesawat Garuda Indonesia sebanyak 113.360 orang, dan dengan Saudia Airline sebanyak 88.983 orang.

“Adapun jemaah yang wafat sebanyak 518 orang, 26 orang wafat di tanah air, dan 492 wafat di tanah suci. Sampai saat ini masih ada 45 orang yang sakit dirawat di Arab Saudi yaitu di Rumah Sakit Jeddah 12 orang, di Rumah Sakit Makkah 22 orang dan di Rumah Sakit Madinah 9 orang,” kata Supi. (ks)
SUMBER: Haji.KemenAg.go.id



Menag Suryadharma Ali menerima karikatur dari Pimpred Indopos Don Kardono saat silaturahmi ke harian tersebut, Senin (12/12).

 


One response to this post.

  1. […] 12 Desember 2011 – 106 Menag Sambut Kloter Terakhir Jemaah Haji […]

    Balas

Leave a Reply (Tulis Pesan)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: