102 – Evaluasi Penggunaan Terminal Timur Bandara KAA, Jeddah

asSalaamu’alaykum.

Evaluasi Penggunaan Terminal Timur Bandara KAA, Jeddah

Penulis :
30 November 2011
Jeddah (MCH) — Terminal Barat Bandara King Abdul Azis, Jeddah, usai digunakan bersamaan dengan selesainya pelayanan Saudi Airlines di bandara tersebut pada Senin 28 November kemarin. Ada beberapa catatan PPIH Daerah Kerja Jeddah dalam penggunaan terminal timur tersebut.

Catatan yang utama adalah berbedanya lokasi penempatan plasa terminal timur pada saat kedatangan dan pemulangan jamaah haji. Saat kedatangan, jamaah haji Indonesia mendapatkan lokasi di terminal timur bagian E, sedangkan pada saat pemulangan diberikan tempat di terminal timur bagian B.

“Padahal klinik kesehatan berada di Oktagon terminal timur bagian E, tidak bisa dipindah. Jadi lokasi klinik dengan jamaah cukup jauh yang berada di terminal timur bagian B,” ungkap Kepala Daker Jeddah, Ahmad Abdullah, kepada wartawan di kantornya, Selasa (29/10/2011).

Hal ini menyebabkan penanganan jamaah sakit saat menjelang pemulangan tidak mudah dilakukan. Apalagi, Daker tidak memiliki golf car untuk mobilitas di dalam plasa terminal bandara.

Dia berharap, ke depan ada lobi dari pimpinan PPIH atau Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag agar lokasi plasa kedatangan dan pemulangan jamaah haji di terminal timur tidak berubah.

Selanjutnya, dia berharap ke depan dianggarkan untuk pembelian atau penyewaan golf car di terminal plasa. Hal ini untuk memudahkan mobilisasi petugas dalam menangani jamaah haji Indonesia yang datang dan pulang dari terminal tersebut.

Selain catatan tersebut, Terminal Timur Bandara KAA relatif cukup bagus. Fasilitasnya cukup memadai, seperti toilet, tempat salat, dan juga tempat istirahat sementara jamaah. Hal yang cukup memadai lainnya adalah klinik kesehatan yang berada di Oktagon. “Lebih luas dari tahun sebelumnya,” katanya.

Kepala Daker Jeddah, Ahmad Abdullah, menimpali, ke depan dia berharap kantor Daker Jeddah bisa ditempatkan di Oktagon, berdampingan dengan klinik kesehatan. Sehingga konsentrasi petugas bisa dilakukan di Oktagon. Pada tahun ini, Kantor Daker berada di lantai atas plasa Terminal Timur Bandara KAA. “Kita berharap tahun depan setengah dari Oktagon dapat disewa untuk aktivitas petugas kesehatan dan pelayanan jamaah haji,” tutupnya.(syukri)


SUMBER: haji.kemenag.go.id

Leave a Reply (Tulis Pesan)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: