101 – Layanan Pondokan di Mekkah Lebih Baik

asSalaamu’alaykum.

Layanan Pondokan di Mekkah Lebih Baik

Penulis :
29 November 2011
Mekkah (MCH) — Kadaker Mekkah Arsyad Hidayat mengatakan secara keseluruhan pelayanan pondokan di Mekkah lebih baik, dibanding tahun lalu, baik terkait jaraknya maupun kualitas pondokan itu sendiri. Hal itu diungkapkan Kadaker Mekkah dalam keterangan pers evaluasi pelayanan haji di Daker Mekkah, Senin (28/11) malam.

Menurut Arsyad, berdasarkan monitoring melalui kartu kendali layanan pondokan, sebagian besar pemilik pondokan telah menenuhi standar layanan yang tercantum dalam kontrak. “Jemaah pun tak banyak yang mengeluh soal kondisi pondokan di Mekkah,” jelasnya.

Keluhan jemaah yang ada, kata Arsyad, terkait lambatnya pemilik pondokan melakukan penggantian sprei dan sarung bantal. “Ini banyak dikeluhkan jemaah. Oleh karena itu ke depan kita ingin mencarikan solusinya secara tepat,” ujarnya.

Arsyad menambahkan, semula kita mengkhawatirkan terjadinya gangguan pada suply air, sepekan menjelang puncak haji, karena terjadinya kemacetan sejumlah jalan di kota Mekkah. “Alhamdulillah kebutuhan air bagi jemaah di pondokan-pondokan tidak sempat terganggu,” ucapnya.

Terkait layanan transportasi, kata Arsyad Hidayat, keberadaan bus `salawat` sangat membantu jemaah dari pondokan ke Masjidil Haram PP. “Pengadaan bus Saptco sangat memudahkan jemaah untuk mobilitas ke Masjidil Haram. Karena hanya perusahaan tersebut yang memiliki izin untuk beroperasii di terminal yang ada di seputar Masjidil Haram,” jelasnya.

Menjelaskan soal angka kriminalitas yang menimpa jemaah, kata Arsyad, pada tahun ini mengalami penurunan di banding tahun lalu. “Baik kwalitatif maupun kwantitatif angka kriminalitas menurun, karena kesadaran jemaah sendiri mematuhi himbauan-himbauan yang dibuat oleh PPIH Daker Mekkah,” tuturnya.

Arsyad mengatakan, untuk tahun ini di Mekkah, mulai banyak pemilik pondokan yang atas kesadaranya sendiri maupun berkat nego para petugas memiliki kemauan untuk mengganti uang milik jemaah yang hilang di pondokan. “Bahkan ada pemilik pondokan yang mengganti penuh uang jemaah yang hilang di pondokan,” ucapnya. (ts)
SUMBER: haji.kemenag.go.id

One response to this post.

  1. […] KemenAg.go.id 29 November 2011 101 – Layanan Pondokan di Mekkah Lebih Baik Like this:SukaOne blogger likes this […]

    Balas

Leave a Reply (Tulis Pesan)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: