7546 – Pemulangan TKI dengan Pesawat Haji

asSalaamu’alaykum.

Pemulangan TKI dengan Pesawat Haji, Ada Prinsip yang Harus Disepakati
Rabu, 13-07-2011 16:22
Jakarta (Pinmas) — Menteri Agama Suryadarma Ali mengatakan pemulangan sejumlah warga negara Indonesia (WNI) yang overstay (izin masa tinggal habis) di Arab Saudi bisa dilakukan, terutama bagi Tenaga Kerja Indonesia (TKI).

Menurut Menag, ada peluang untuk menggunakan pesawat kosong ketika masa keberangkatan jemaah haji dari Indonesia, ketika pesawat tersebut kembali ke Indonesia dalam keadaan kosong. Terlebih lagi dalam setiap tahunnya ada sekitar 486 penerbangan ke Arab Saudi.

“Potensinya ada. Yang perlu dicatat apabila dipergunakan untuk pemulangan TKI yang overstay, ada prinsip yang harus disepakati,” kata Suryadharma saat Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VIII DPR, Rabu (13/7).

Pemulangan TKI dapat dilakukan asal tidak mengganggu keberangkatan jamaah dan tidak berdampak pada bertambahnya biaya tiket yang harus ditanggung jamaah. “Secara teknis pun pemulangan TKI itu harus sangat akurat. Sebab waktu parkir pesawat hanya diperbolehkan selama satu jam sebelum pesawat kembali untuk menjemput jamaah lainnya,” jelas Suryadharma.

Selain itu, tegas Menag, pemulangan TKI hanya bisa sampai Jakarta lewat terminal haji bandara Soekarno-Hatta dan tidak bisa mengantar hingga kota tujuan. Hal teknis ini harus diatur secara jelas, bagaimana nasib mereka setelah sampai di bandara. Apakah diangkut ke tempat penampungan sementara hingga kembali ke tempat asal atau tidak.

“Ini bisa dibicarakan secara detail. Jangan sampai niat baik ini mengganggu ibadah haji yang tingkat sensitifitasnya tinggi,” tegasnya. (Rep)

Diupload oleh TS (-) dalam kategori Haji pada tanggal 13-07-2011 16:22

©2010 Kementerian Agama Republik Indonesia
http://m.kemenag.go.id/berita.php?id=7546


Daftar isi: Hajji 1432H – 2011M

One response to this post.

  1. Tentang KM Labobar – Pelni * KM Labobar dijadwalkan berangkat pada tanggal 10 April 2011, dan akan melakukan pelayaran selama 2 pekan menuju Arab Saudi (Jiddah). Berlayar selama 12 hari, KM Labobar (dari Jeddah), Selasa (4/5) pukul 04.20 merapat di Tanjung Priok, Jakarta. Nah, mulai tahun depan dapat digunakan untuk kapal haji. Karena dgn pesawat terbang, diperlukan sebanyak 500 penerbangan utk mengangkut 211.000 jama’ah haji Indonesia.

    Pemulangan TKI Overstayer Dengan KM Labobar
    Oleh sehatnegeriku pada 4 Mei 2011.
    Setelah berlayar selama 12 hari, akhirnya KM Labobar yang disiapkan pemerintah menjemput 2.349 WNI Overstay (WNIO) dari Jeddah, Selasa pagi (4/5) sekitar pukul 04.20 merapat di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.
    Setibanya di Pelabuhan Tanjung Priok, para WNIO disambut dr. Supriyantoro, Sp.P., MARS, Dirjen Bina Upaya Kesehatan Kemkes, Dra. Maswita Jaya, Deputi Menko Kesra Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Utusan Kemsos, Utusan Kemhub, Utusan Menko Polhukam dan Ketua BNP2TKI Jumhur Hidayat.
    Di Pelabuhan Tanjung Priok telah disiapkan 20 unit ambulans lengkap dengan dokter dan tenaga kesehatan yang siap merujuk ke rumah sakit yang disediakan pemerintah. Selain itu juga disediakan Pos Kesehatan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjung Priok, untuk pelayanan rawat jalan.

    Category: News & Politics
    Tags: Labobar TKI
    License: Standard YouTube License
    sehatnegeriku 7,909 views


    Berlayar selama 12 hari, KM Labobar (dari Jeddah), Selasa (4/5) pukul 04.20 merapat di Tanjung Priok, Jakarta.


    Nah, mulai tahun depan dapat digunakan untuk kapal haji. Karena dgn pesawat terbang, diperlukan sebanyak 500 penerbangan utk mengangkut 211.000 jama’ah haji Indonesia.

    Balas

Leave a Reply (Tulis Pesan)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: