7507 – Sekjen Kemenag: Tenda di Mina Terbatas

asSalaamu’alaykum.

Sekjen Kemenag: Tenda di Mina Terbatas
Senin, 27-06-2011 17:49
Jakarta (Pinmas) — Penambahan kuota haji disamping memberi hikmah juga bisa mengundang persoalan lain, misalnya masalah penampungan atau tenda bagi jemaah haji di Mina. Pasalnya, wilayah tempat mabit ini terbatas untuk menampung jutaan tamu Allah yang datang dari berbagai negara.
“Yang kita kawatirkan itu bukan pemondokan tapi pengaturan tenda. Kalau dia ditambah apakah kapasitas mina bisa ditambah tendanya,” kata Sekjen Bahrul Hayat menjawab wartawan di Jakarta, Senin (27/6). Ia menanggapi kemungkinan penambahan kuota jemaah haji Indonesia.
Mina adalah sebuah lembah di padang pasir yang terletak sekitar 5 kilometer dari kota Mekkah, Arab Saudi. Di Mina jamaah haji wajib melaksanakan mabit (bermalam) yaitu tanggal 10,11,12 Dzulhijah bagi jamaah haji yang melaksanakan Nafar Awal atau tanggal 10,11,12,13 dzulhijah bagi jamaah yang melaksanakan Nafar Tsani.
Jika tidak bermalam di Mina, harus membayar dam (denda). Di Mina jemaah juga melontar jumrah, yaitu Jumrah Aqabah, Jumrah Wusta dan Jumrah Ula.
Mengenai perolehan pemondokan haji di Mekkah, Sekjen mengatakan sekarang sudah lebih 90 persen lebih dari jumlah jemaah haji. “Kadang-kadang sampai menjelang syawal masih banyak rumah,” ujarnya.
Menjawab masalah BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) 2011, Sekjen mengatakan, Kemenag menargetkan BPIH sudah final sebelum 10 juli. Adapun besaran yang ditetapkan, kata Bahrul, kemungkinan ada penekanan biaya. “Itu sudah pasti diihitung dengan cermat, tapi apa naik atau turun tergantung posisi penerbangan,” katanya. (ks)
Diupload oleh TS (-) dalam kategori Haji pada tanggal 27-06-2011 17:49

©2010 Kementerian Agama Republik Indonesia
http://m.kemenag.go.id/berita.php?id=7507

Leave a Reply (Tulis Pesan)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: