7506 – Jika Kuota Ditambah, Tenda di Mina Harus Disediakan

asSalaamu’alaykum.

Jika Kuota Ditambah, Tenda di Mina Harus Disediakan
Senin, 27-06-2011 17:47
Jakarta(Pinmas) — Jika pemerintah Arab Saudi menambah jumlah kuota haji, pemerintah Indonesia dan Arab Saudi harus sesegera mungkin membicarakan penambahan tenda di Mina agar pelaksanaan ibadah haji tak menjadi persoalan.

Persoalan tenda sangat penting, sebab hal itu terkait dengan ritual puncak haji, kata Sekjen Kementerian Agama Bahrul Hayat di Jakarta, Senin.

Pemerintah Indonesia belakangan ini meminta tambahan kuota haji terkait makin panjangnya daftar tunggu di tanah suci. Kuota haji Indonesia saat ini 221 ribu orang. Namun angka tersebut tak sebanding dengan jumlah penduduk Indonesia sekitar 225 juta.

Sesuai dengan ketentuan OKI – organisasi konferensi Islam – jumlah kuota haji ditetapkan berdasarkan ratio satu per seribu warga. Jika ratio itu digunakan, maka calon haji Indonesia masih berpeluang untuk ditambah.

Menurut Bahrul Hayat, ke depan yang harus dipikirkan bagi Indonesia bukan saja menyangkut pemondokan yang harus dekat dengan Masjidil Haram, di Mekkah. Tetapi juga ketersediaan tenda di Mina dan Arafah.

Yang terpenting lagi di Mina, jika dilihat secara fisik, tenda yang ada di tempat mabid (bermalam bagi jemaah) adalah bangunannya permanen. Di tenda tersebut tersedia pendingin udara dan fasilitas penginapan lainnya.

Hal ini, kata dia, tentu harus dibicarakan dengan pemangku kepentingan di Arab Saudi. Termasuk di dalamnya muasasah yang bertanggung jawab terhadap kelengkapan pendukung ritual haji.

Sebelumnya Bahrul akan meresmikan penggunaan TIK – teknologi informasi komunikasi – yang akan digunakan Kementerian Agama. Namun karena kesibukannya, ia harus menghadiri acara lain.

Namun ia mengakui bahwa TIK ke depan bagi Kementerian Agama sangat penting untuk menunjang pelaksanaan kerja di kementerian tersebut.

Penggunaan teknologi informasi sangat mendukung semua kegiatan di kementerian tersebut. Termasuk di dalamnya untuk menunjang dan menyukseskan pelaksanaan ritual haji pada musim haji 2012, katanya.(ant)
Diupload oleh TS (-) dalam kategori Umum pada tanggal 27-06-2011 17:47

©2010 Kementerian Agama Republik Indonesia
http://m.kemenag.go.id/berita.php?id=7506

Leave a Reply (Tulis Pesan)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: