7498 – Menag: Jangan Campur Aduk Persoalan Haji dan TKI

asSalaamu’alaykum.

Menag: Jangan Campur Aduk Persoalan Haji dan TKI
Selasa, 21-06-2011 15:09
Jakarta (Pinmas) — Kementerian Agama berharap eksekusi mati TKI Ruyati binti Satubi oleh Pemerintah Arab Saudi tak berdampak terhadap pelaksanaan ibadah haji. Sebab respons atas eksekusi mati itu cukup keras bergaung di dalam negeri.

Menteri Agama Suryadharma Ali juga berharap urusan haji tak dibawa-bawa dalam silang pendapat antara Pemerintah Indonesia dan Arab Saudi. Apalagi sampai mengarah para wacana boikot haji.

“Jangan mencampuradukkan persolan TKI dan haji, karena haji sudah punya persoalan sendiri,” ungkapnya di Jakarta, Selasa (21/6/2011).

Dia menjelaskan, persoalan terbesar haji saat ini adalah panjangnya antrean pemberangkatan karena terbatasnya kuota yang diberikan Pemerintah Arab Saudi. Jamaah yang ingin berangkat ke Tanah Suci bahkan harus rela mengantre 10 sampai 12 tahun ke depan.

“Karenanya yang sedang kami urus adalah bagaimana antrean itu pendek. Jadi jangan sampai ada gangguan politis apa pun antara Pemerintah Indonesia dengan Arab Saudi. Jangan ada bagian lain merempet ke bagian lain,” pintanya.

Menag menambahkan, selama ini hubungan Indonesia dan Arab Saudi dalam hal pengurusan haji sangat baik dan memuaskan. Dia berharap agar hubungan baik ini merembet ke sektor lain, seperti ketenagakerjaan. “Pelayanan di sana kami puas, mudah-mudahan soal TKI dapat diselesaikan sebaik-baiknya,” harapnya.

Menyikapi maraknya aksi mengutuk Pemerintah Arab saudi yang terjadi akhir-akhir ini, Menag tampaknya kurang sepakat. Menurutnya diplomasi dengan Arab Saudi bisa ditempuh melalui jalur lain yang lebih efektif.

“Sebenarnya kita bisa menekan orang dengan kelembutan, bukan dengan kekuatan dan intimidasi,” terangnya.(okezone).

Diupload oleh TS (-) dalam kategori Menteri Agama pada tanggal 21-06-2011 15:09

©2010 Kementerian Agama Republik Indonesia
http://m.kemenag.go.id/berita.php?id=7498

Leave a Reply (Tulis Pesan)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: