7488 – Menag: Tahun 2011 Harus WTP

asSalaamu’alaykum.

Menag: Tahun 2011 Harus WTP
Kamis, 16-06-2011 00:00
Jakarta (Pinmas) — Menteri Agama Suryadharma Ali berharap laporan keuangan Kementerian Agama dari BPK RI pada tahun 2011 meningkat lebih baik dari Wajar Dengan Pengecualian menjadi Wajar Tanpa Pengecualian.

“Meski kita bersungguh-sungguh untuk meningkatkan opini laporan keuangan, namun belum saatnya,” kata Menag pada penandatangan fakta integritas dan penyerahan laporan hasil BPK RI atas laporan keuangan Kementerian Agama di Jakarta, Kamis (16/7).

Menurut Menag, laporan keuangan tahun 2010 dari segi kualitas meningkat dibanding tahun sebelumnya. “Cuma kelasnya belum naik WTP, padahal tinggal sedikit lagi. Tahun 2011 harus WTP,” tandas Suryadharma pada acara yang dihadiri seluruh pejabat eselon I dan II Kemenag.

Menag mengakui, bahasa anggaran memang lebih susah dari bahasa politik dan filsafat. “Karena muter-muter itu saja tapi artinya begitu. Yang penting anggaran habis, yang penting bagaimana pekerjaannya,” katanya.

Ia juga meminta penggunaan rekening anggaran sesuai dengan aturan dan mendapat ijin dari Kementerian Keuangan. “Berarti masih ada rekening liar. Tertibkan jangan ada rekening liar,” perintah Menag.

Menurut Menag, program yang sudah baik jangan diabaikan, yang belum baik segera diselesaikan. Walaupun Kementerian Agama memiliki satuan kerja yang banyak dengan 4381 satker bukan berarti tidak bisa meraih WTP.

Dikatakan, di beberapa satker masih ada masalah. Ini bukan berarti faktor korupsi. “Tidak ada, jadi memang berdasarkan keterangan itu keterlambatan penyelesaian, ada dana PNBP yang dipergunakan untuk kepentingan pembangunan, kalau tidak salah. Jadi bukan penyimpangan bukan korupsi bukan, jadi kebanyakan begitu di Kemenag salah penempatan,” jelas SDA.

Namun dengan terjadi salah penempatan maka berakibat salah juga dalam penilaian. “Nah itu sudah diatasi sudah diselesaikan tapi terlambat keburu putusan BPK menetapkan WDP itu sudah diketuk. Kalau ukurannya hanya itu, kenaikan kualitasnya itu pesat,” jelasnya lagi.

Menjawab tentang temuan, Menag mengatakan, walaupun ada tapi menurun. “Kita nyaris kalau ini arealnya WTP kita berada dipinggiranya. Kita tetap berada dikelas yang sama tetapi kualitas pelaporan meningkat. Saya tetap bangga dengan kemajuan itu, saya optimis tahun 2011 Kemenag bisa capai WTP,” pungkasnya. (ks)

Diupload oleh TS (-) dalam kategori Menteri Agama pada tanggal 16-06-2011 00:00

©2010 Kementerian Agama Republik Indonesia
http://m.kemenag.go.id/berita.php?id=7488


Kamis, 16-06-2011 7487 – Menag: Secara Kualitas, LHP BPK Alami Kemajuan

Leave a Reply (Tulis Pesan)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: