7485 – Kemenag Tindak Lanjuti Temuan KPK

asSalaamu’alaykum.

Kemenag Tindak Lanjuti Temuan KPK
Kamis, 16-06-2011 00:00
Jakarta (Pinmas) — Pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama (Kemenag), berupaya menanggapi dan menindaklanjuti hasil kajian Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengenai sistem dan tata laksana penyelenggaraan haji. Untuk itu, tata kelola penyelenggaraan haji terus diperbaiki.
Hal tersebut disampaikan Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag, Cepi Supriyatna, di Jakarta, Rabu (15/6).
Dikatakan, kajian tersebut dilakukan oleh KPK selama setahun, mulai Maret 2009-April 2010. Pada dasarnya, menurut Cepi, temuan itu lebih berupa saran perbaikan mengenai tata kelola penyelenggaraan haji. Sebab, jika tidak diperbaiki, titik-titik tersebut akan rawan disalahgunakan untuk hal-hal yang mengarah pada tindak korupsi. “Kita berterima kasih kepada KPK.”
Pihaknya, kata Cepi, terus melakukan koordinasi intensif dengan KPK terkait temuan itu. Di antaranya, realisasi peraturan pemerintah (PP) dari UU Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Haji.
Menurut dia, posisi PP saat ini sudah berada di Sekretariat Negara. Langkah selanjutnya adalah harmonisasi dan sinkronisasi antar kementerian. Sinkronisasi sedang berlangsung dan diharapkan dapat selesai secepatnya. “Dalam waktu dekat bisa dilaporkan ke Presiden.”
Terkait perbaikan penyelenggaraan ibadah haji, lanjut Cepi, pemerintah telah memperoleh sertifikasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001:2008 dalam penyelenggaran haji. Sertifikasi itu dimaksudkan untuk meningkatkan pelayanan dan penyelenggaraan haji.
Sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) Boediono meminta Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Slamet Riyanto segera menyelesaikan 10 kasus dugaan korupsi penyelenggaraan haji yang ditemukan KPK. Hal ini dikemukakan Wapres di Kantor Haji Madinah, Arab Saudi, belum lama ini.
Wapres mengatakan, ia telah menerima tembusan surat dari KPK yang merinci 48 temuan mengenai penyelenggaraan haji. Sebanyak 38 temuan sudah diselesaikan. “Sisa 10 temuan harap segera diselesaikan,” kata Wapres yang melakukan kunjungan di sela-sela ibadah umrah.(rep/nashih)
Diupload oleh TS (-) dalam kategori Haji pada tanggal 16-06-2011 00:00

©2010 Kementerian Agama Republik Indonesia
http://m.kemenag.go.id/berita.php?id=7485


Jumat, 10-06-2011 7469 – Wapres Minta 10 Kasus Dugaan Korupsi Haji Temuan KPK Segera Dituntaskan

One response to this post.

  1. […] Kamis, 16-06-2011 7485 – Kemenag Tindak Lanjuti Temuan KPK LikeBe the first to like this […]

    Balas

Leave a Reply (Tulis Pesan)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: