013 – 2011, Menag Minta Garuda Tambah Gate

asSalaamu’alaykum.

2011, Menag Minta Garuda Tambah Gate

SELASA, 01 MARET 2011 — 03:04:05 WIB
Jiddah — Banyaknya penundaaan (delay) dalam pemulangan jamaah haji tahun ini mendapat perhatian serius dari Menteri Agama Suryadharma Ali. Agar kejadian yang merugikan jamaah ini tak terulang kembali, Suryadharma meminta maskapai Garuda Indonesia maupun Saudi Arabian Airlines (SAL) menyiapkan pintu atau gate khusus dalam pemulangan. “Mestinya ada penambahan gate agar lebih lancar karena jumlah jamaah juga terus bertambah,” jelas Suryadharma setiba di Bandara King Abdul Azis, Jeddah, Minggu/Ahad (19/12) malam. Kedatangan Menag ke Arab Saudi untuk melakukan evaluasi internal pelaksanaaan haji yang digelar Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Menurut rencana, rapat internal akan digelar di kantor Staf Teknis Urusan Haji (TUH) pada Rabu (22/12) mendatang.

Menag mengakui delay yang terjadi dalam pemulangan jamaah haji tahun ini adalah yang terburuk dalam sejarah penerbangan haji. Terkait keterlambatan ini, pihaknya juga segera melakukan kajian untuk perbaikan layanan jamaah tahun-tahun mendatang. Soal sanksi ke Garuda maupun ke SAL, menurut Menag, pihaknya tidak akan terburu-buru. “Soal protes pasti kita lakukan. Kita juga sudah buat tabulasi berapa yang terlambat berikut lamanya. Termasuk juga berapa penerbangan yang on time dan lebih cepat,” jelas dia.

Selain persoalan gate, delay juga akibat kinerja aparatur Bandara King Abdul Azis yang belum optimal. Hal ini ditambah dengan beberapa model baru sistem keimigrasian yang diterapkan oleh pemerintah Saudi. “Dengan layanan baru ini, tentu waktu dan petugas yang dibutuhkan untuk memeriksa jamaah juga bertambah,” katanya.

Kepala Daker Jeddah Ahda Barori mengatakan, seluruh jamaah Indonesia sudah bertolak ke Tanah Air, Senin (20/12) dini hari. Jamaah yang terakhir pulang adalah kloter gabungan yakni BDJ 17 dan UPG 44. Soal delay, menurutnya, bisa diatasi jika otoritas bandara bisa mampu mengoperasikan gate-gate yang ada di sisi barat. “Karena dalam teknisnya dikerjakan oleh pihak ketiga (Saudi bin Ladin Group), maka semuanya juga tergantung mereka.”

Sementara itu selain pemulangan, Menag juga akan mengevaluasi masalah-masalah krusial selama penyelenggaraan haji tahun ini. Persoalan tersebut antara lain katering di Armina, transportasi maupun pemondokan yang diusahakan lebih banyak di ring I.(abdul hakim)

SUMBER: Haji.KemenAg.go.id


Rabu, 09-03-2011 ….. agar tidak terulang kembali keterlambatan pemulangan jemaah seyogyanya pemerintah Arab Saudi menambah gate bagi pesawat menuju tanah air.

4 responses to this post.

  1. […] akomodasi hotel berbintang 4, katering prasmanan standar hotel,… SELASA, 01 MARET 2011 … Persoalan tersebut antara lain katering di Armina,… LikeOne blogger likes this […]

    Balas

  2. […] 09-03-2011 ….. layanan katering, baik di Mina, Arafah dan Madinah. SELASA, 01 MARET 2011 … Persoalan tersebut antara lain katering di Armina,… LikeOne blogger likes this […]

    Balas

  3. […] 09-03-2011 ….. layanan katering, baik di Mina, Arafah dan Madinah. SELASA, 01 MARET 2011 … Persoalan tersebut antara lain katering di Armina,… LikeBe the first to like this […]

    Balas

  4. […] 09-03-2011 ….. layanan katering, baik di Mina, Arafah dan Madinah. SELASA, 01 MARET 2011 … Persoalan tersebut antara lain katering di Armina,… LikeOne blogger likes this […]

    Balas

Leave a Reply (Tulis Pesan)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: