7460 – Menag : Tindaklanjuti Rekomendasi Temuan Auditor BPK

asSalaamu’alaykum.

Menag : Tindaklanjuti Rekomendasi Temuan Auditor BPK
Selasa, 07-06-2011 18:21
Jakarta(Pinmas)–Menteri Agama Suryadharma Ali menyatakan pihaknya telah menyusun rencana aksi untuk menindaklanjuti rekomendasi atas temuan auditor yang terdapat dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP), baik yang bersifat sistem pengendalian intern, pengendalian belanja, pendapatan maupun kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan.

“Untuk mendapat penilaian wajar tanpa pengecualian, saya mengancam staf untuk memperbaiki,” kata Menag Suryadharma Ali dalam sambutannya pada acara penyerahan LHP BPK atas laporan Keuangan Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri di Gedung BPK Jakarta, Selasa (7/6).

Hadir dalam acara itu Ketua BPK Hadi Purnomo, Menteri Agama Suryadharma Ali, Menteri Dalam Negeri Gumawan Fauzi dan para pejabat eselon I dari kedua kementerian tersebut.

Menag mengatakan, rencana aksi tersebut merupakan bentuk komitmen untuk melakukan pembenahan dan perbaikan tata kelola pelaksanaan program dan anggaran demi terwujudnya good govermence dan clean government.

Hasil LHP BPK, katanya, akan dijadikan momentum untuk introspeksi dan meneguhkan komitmen semua jajaran Kementerian Agama. Penciptaan tata kelola yang bersih dan berwibawa sebagai upaya mewujudkan good governmence di Kementerian Agama.

Ada lima misi yang diusung Kementerian Agama dalam pencapaian pembangunan nasional di bidang agama. Yaitu: Peningkatan kualitas kehidupan beragama, peningkatan kualitas kerukunan umat beragama, peningkatan kualitas pendidikan agama dan pendidikan keagamaan, penciptaan tata kelola kepemerintahan yang bersih dan berwibawa.

Untuk pencapaian itu, ia menjelaskan, difokuskan pada upaya mewujudkan reformasi birokrasi secara menyeluruh, baik instansi pusat maupun daerah, meningkatkan kualitas SDA yang profesional dan mewujudkan laporan keuangan yang berkualitas, yaitu dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian.

Ia menyadari banyaknya Satker, 4.381 satker, sangat berpengaruh terhadap upaya mewujudkan laporan keuangan Kementerian Agama yang berkualitas.

Sementara itu Sekjen Kementerian Agama Bahrul Hayat mengaku bahwa LHP BPK belum diketahui hasilnya, karena belum dibuka. Meski begitu, katanya, secara subtansial mengalami peningkatan yang signifikan.

“Tahun ini target kita memang WDP, tapi berdasarkan informasi jauh telah meningkat dan hampir saja mencapai kategori WTP,” katanya.

Apa saja kemajuan itu. Bahrul Hayat mengatakan, ada hal kecil tapi terus mengalami perbaikan. Tahun lalu ada perbaikan yang sifatnya prosedur, pengendalian internal.

Tentang anggaran, ia mengatakan, tak ada penyimpangan anggaran. Kalau ada hal yangg dianggap menyimpang, ada kewenangan tersendiri dengan melapor ke pihak berwajib. “Alhamdulilah sampai saat ini tidak ada,” ucapnya (ant).
Diupload oleh TS (-) dalam kategori Menteri Agama pada tanggal 07-06-2011 18:21

©2010 Kementerian Agama Republik Indonesia
http://m.kemenag.go.id/berita.php?id=7460

2 responses to this post.

  1. Reserved

    Balas

  2. […] 07-06-2011 7460 – Menag : Tindaklanjuti Rekomendasi Temuan Auditor BPK LikeBe the first to like this […]

    Balas

Leave a Reply (Tulis Pesan)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: