091117 – Jamarat Sepenuhnya Dioperasikan

asSalaamu’alaykum.

Jamarat Sepenuhnya Dioperasikan
Ditulis dalam hajji oleh TenagaSurya pada November 17, 2009 [Sunting Ini]
Tags: jamarot

Jamarat Sepenuhnya Dioperasikan
SELASA, 17 NOVEMBER 2009 13:54
Jakarta (MCH). Pihak berwenang Saudi telah menyelesaikan pembangunan lima lantai jembatan Jamarat di Mina yang memungkinkan jemaah menggunaan fasilitas berteknologi tinggi tahun ini. Proyek yang menelan SR4,5 milyar ini bertujuan memastikan kelancaran arus ribuan jemaah haji. Banyak kasus jemaah wafat karena berdesakan dalam melempar.
“Kita tetap tidak akan mengizinkan jemaah duduk-duduk di sepanjang jalan menuju Jamrat, ” kata Mayjen Saad Al-Khelaiwi, asisten komandan Pasukan Keamanan Haji.
“Kami juga akan memantau dan mengendalikan aliran jemaah saat melempar,” katanya menambahkan. Menurut Saad, betatapun jembatan Jamarat tidak akan mampu menampung lebih dari 300.000 jemaah per jam.
“Jadi, kami telah menunjuk 19 komandan di sepanjang jalan untuk menghentikan jemaah ketika jumlah melebihi 300.000,” katanya seperti dikutip harian Arab News edisi Selasa, 17 November hari ini. Saad menyampaikan paparan ini pada konferensi pers di Mina.
Menurut Saad Al-Khelaiwi, jemaah tidak diizinkan membawa tas besar saat akan melakukan pelemparan. Menurut Saad, lebih 12.000
orang aparat akan mengambil bagian dalam operasi pengamanan ini. Mayor Muhammad Al-Shahri, Komandan Komando Pusat Kontrol Haji mengatakan bahwa pihaknya memiliki kemampuan memantau semua wilayah operasi.
“Kami telah menginstal lebih dari 1.850 kamera di bagian yang berbeda dari tempat-tempat suci dan Masjidil Haram,” katanya.
Mayjen Khidir Al-Zahrani, asisten komandan untuk Urusan Keamanan, mengatakan pasukannya akan berfokus pada mencegah kejahatan.
“Kami telah menetapkan sekitar 30 pos polisi di tempat-tempat suci untuk menerima keluhan jemaah haji,” katanya dalam jumpa per situ pula.
Jamarat dirancang untuk menampung lima juta jemaah haji dengan dilengkapi 10 pintu masuk dan 12 keluar yang didistribusikan* melalui empat tingkat yang datang dari arah yang berbeda.
Ada beberapa proyek jamarat yang tertunda: pembangunan empat menara helipad dan delapan eskalator yang baru akan siap tahun depan. (Musthafa Helmy)
SUMBER:
Jamarat Sepenuhnya Dioperasikan
http://informasihaji.com/index.php?option=com_content&view=article&id=1088:jamarat-sepenuhnya-dioperasikan&catid=18:berita&Itemid=1

Leave a Reply (Tulis Pesan)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: