090831 – Monorel Siap Tahun Depan

asSalaamu’alaykum.

Monorel Siap Tahun Depan
Ditulis dalam hajji oleh TenagaSurya pada November 6, 2009

Monorel Siap Tahun Depan
SENIN, 31 AGUSTUS 2009 11:20
Jakarta (MCH). Proyek monorail senilai SR6.5 miliar yang akan menghubungkan Mekah dengan tempat-tempat suci di Mina, Arafah dan Muzdalifah akan siap digunakan oleh jemaah haji tahun depan. Demikian seperti dilaporkan Komite Haji Tertinggi Arab Saudi. “Pekerjaan proyek dimulai pada Muharram (segera setelah musim haji terakhir) dan akan siap untuk digunakan 35 persen dari kapasitasnya selama musim haji 1431 ,” kata laporan itu.
Khadimul Haramain Raja Abdullah telah menyetujui proyek miliaran riyal untuk memudahkan pengangkutan lebih dari tiga juta jemaah haji antara tempat- tempat suci, yang telah menjadi tantangan yang besar bagi operator pergajian di Arab Saudi. Proyek yang sedang dilaksanakan oleh perusahaan konsorsium yang dipimpin oleh Perusahaan Kereta Api Cina itu, akan beroperasi dengan kapasitas penuh selama musim haji 2011 , kata komite yang diketuai oleh Wakil II Perdana Menteri dan Menteri Dalam Negeri Pangeran Naif.
“Proyek monorel akan membantu sekitar 53.000 bus dan kendaraan lain yang digunakan oleh para jemaah yang datang lewat darat yang sebagian besar adalah jemaah dari dalam Kerajaan Arab Saudi dan negara-negara Teluk,” kata laporan itu. Monorel akan melintasi tiga stasiun di Arafah, Muzdalifah dan Mina. Stasiun terakhir di Mina akan berada di lantai keempat jembatan jamarat. Monorel akan membantu mengangkut sedikitnya 500.000 jemaah dalam waktu enam sampai delapan jam. “Monorel akan dibedakan kecepatan serta kedekatan dengan para pejalan kaki. Tidak akan mempengaruhi tenda Mina. Topografi lahan telah dipertimbangkan ketika merancang proyek,” kata laporan itu. Studi sekarang tengah mengkaji perluasan monorel ke stasiun dekat Masjidil Haram di Mekah untuk menghubungkan dengan Haramain Railway yang menghubungkan dua kota suci Mekah dan Madinah. Kesepakatan mengenai pelaksanaan proyek bernilai miliaran riyal ditandatangani di hadapan Raja Abdullah dan Presiden Cina Hu Jintao di Riyadh. Proyek ini dirancang untuk mengangkut lima juta jemaah. Dr Habeeb Zain Al Abidine, wakil Menteri Urusan Perkotaan dan Pedesaan dan Sekretaris Jenderal Komisi Pembangunan Mekah, Madinah dan Situs Mulia, mengatakan studi kelayakan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan internasional telah mengusulkan lima monorel yang menghubungkan tempat-tempat suci.
“Studi kelayakan monorel menyarankan dibangun dua atau tiga tahun setelah pembangunan pertama,” katanya, seraya menambahkan bahwa biaya satu monorel mencapai SR4 miliar. Monorel pertama mulai dari Mina akan mengangkut hampir satu juta jemaah termasuk jemaah asal Arab Saudi sebanyak 360.000 jemaah. Monorail merupakan moda transportasi rel 8-9 meter di atas tanah untuk menjamin kelancaran arus pejalan kaki dan kendaraan. Demikian seperti diberitakan harian Arab News edisi Senin, 31 Agustus hari ini. (Musthafa Helmy)


1 Komentar

TenagaSurya berkata,
PADA NOVEMBER 6, 2009 PADA 3:42 PM
Sumber: http://www.informasihaji.com/index.php?option=com_content&view=article&id=752:monorel-siap-tahun-depan-&catid=18:berita&Itemid=1

3 responses to this post.

  1. […] SENIN, 31 AGUSTUS 2009 090831 – Monorel Siap Tahun Depan LikeOne blogger likes this […]

    Balas

  2. […] & Peraturan « 091021 – Monorail Mekah Mulai Dikerjakan 090831 – Monorel Siap Tahun Depan […]

    Balas

  3. […] SELASA, 10 MARET 2009 090310 – Cina Bangun Monorail Mekah SENIN, 31 AGUSTUS 2009 090831 – Monorel Siap Tahun Depan RABU, 21 OKTOBER 2009 091021 – Monorail Mekah Mulai Dikerjakan Like this:SukaBe the first to […]

    Balas

Leave a Reply (Tulis Pesan)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: