7448 – Pemerintah Sedang Kaji Swasta Dilibatkan dalam Penerbangan Haji

asSalaamu’alaykum.

Pemerintah Sedang Kaji Swasta Dilibatkan dalam Penerbangan Haji
Jumat, 03-06-2011 21:16
Jakarta (Pinmas)–Kementerian Agama (Kemenag) membuka peluang keterlibatan maskapai swasta untuk melayani penerbangan jamaah haji dalam penyelenggaraan ibadah haji 2011.

Saat ini Kemenag sedang mengkaji kesiapan maskapai swasta. “Ini harus dilihat kesiapan dari masing-masing maskapai, dari pesawat, kesiapan pilot, pramugari, landing permit,sampai izin udara di negara-negara yang dilintasi,” kata Menteri Agama Suryadharma Ali di Jakarta.

Suryadharma menyatakan, usulan untuk menambah maskapai penerbangan yang melayani jamaah haji Indonesia ke Arab Saudi harus diapresiasi. Ada banyak keuntungan yang bisa diambil dengan pelibatan maskapai swasta ini. Di antaranya kompetisi dalam penetapan harga tiket pesawat dan pelayanan. Mantan Menteri Koperasi dan UKM ini mengaku kementeriannya tidak akan membuka tender pelibatan maskapai swasta,melainkan hanya menerima penawaran.

Selanjutnya, Kemenag akan menentukan maskapai penerbangan mana yang layak dipilih.”Tentu dengan mempertimbangkan hal-hal di atas, termasuk pengalaman kerja,”papar Suryadharma. Selain itu, Kemenag juga akan mencoba maskapai penerbangan, mengingat pelayanan ini memiliki tingkat risiko sangat tinggi atas keselamatan jamaah.

“Ketentuan seperti itu selamanya kita pegang karena ada satu atau dua penerbangan yang tidak tepat.Itu dampaknya sangat besar,” ungkap Menag.

Hingga kini maskapai yang telah memenuhi persyaratan baru PT Garuda Indonesia. Meski demikian, maskapai swasta tetap akan dilibatkan selama memenuhi ketentuan yang berlaku. Suryadharma yakin jika persyaratan bisa dipenuhi, pelibatan maskapai swasta tahun ini bisa direalisasikan.

Hal senada diungkapkan Direktur Pelayanan Haji pada Kementerian Agama Zainal Abidin Supi.Partisipasi maskapai penerbangan swasta dalam pelayanan haji sangat dimungkinkan selama memenuhi persyaratan yang ditentukan. “Kalau memenuhi ketentuan dan persyaratan yang berlaku, maka kemungkinan itu tetap ada,” ujar Supi.

Persyaratan yang harus dipenuhi adalah kemampuan maskapai dalam mengangkut jamaah haji yang akan berangkat ke Arab Saudi, dan memiliki izin landing atau pendaratan di bandara internasional di Arab Saudi. Selain itu, Kemenag akan melihat penawaran yang diajukan oleh masing-masing maskapai penerbangan swasta.

Dalam hal ini, pemerintah akan mencari tarif yang lebih murah, sehingga tidak memberatkan jamaah. Faktor lain yang juga menjadi bahan pertimbangan adalah jaminan ketepatan waktu pemberangkatan jamaah sesuai jadwal. Menurut Supi,keterlibatan maskapai penerbangan swasta dalam pelaksanaan ibadah haji sepenuhnya tergantung pada kesiapan maskapai itu sendiri.

“Siap apa tidak dengan persyaratan yang harus dipenuhi, nanti ada tim yang akan mengevaluasi,”katanya. Anggota Komisi VIII DPR, Iskan Qolba Lubis, melihat selama ini ada kesan pelayanan pemberangkatan haji dimonopoli oleh PT Garuda Indonesia. Karena itu, dalam rapat Panitia Kerja BPIH Komisi VIII DPR dengan pemerintah persoalan ini akan dikritik.

“Harus dibuka, dicari yang lebih murah. Kalau harga bahan bakar avtur mengalami kenaikan, ya itu memang cost yang harus dibayarkan,” ujarnya. Selain soal harga dan pelayanan yang kompetitif, ujar Iskan, penunjukan maskapai penerbangan juga menjadi salah satu prioritas pembahasan.

Mekanisme penunjukan langsung terhadap maskapai penerbangan yang melayani pemberangkatan jamaah haji tidak lagi sesuai.Karena itu perlu ada revisi terhadap UU No 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.(sindo/cipto)
[oleh: TS (-) | Kategori: Haji | Tanggal: 03-06-2011 21:16]

http://kemenag.go.id/index.php?a=detilberita&id=7448

Khobar sebelumnya:
Kamis, 28-04-2011 7369 – Kemenag Kaji Kemungkinan Maskapai Haji Ditambah

2 responses to this post.

  1. Reserved

    Balas

  2. […] selanjutnya: Jumat, 03-06-2011 7448 – Pemerintah Sedang Kaji Swasta Dilibatkan dalam Penerbangan Haji GA_googleAddAttr("AdOpt", "1"); GA_googleAddAttr("Origin", "other"); […]

    Balas

Leave a Reply (Tulis Pesan)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: