7436 – Penerbangan Haji Bakal Naik

asSalaamu’alaykum.

Penerbangan Haji Bakal Naik
30-05-2011 11:23
Jakarta (Pinmas)–Pemerintah memperkirakan komponen biaya penerbangan dan pemondokan di Makkah pada Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) 2011 naik.”Tapi, jumlah kenaikan yang harus ditanggung jamaah belum bisa ditentukan,” kata Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Kementerian Agama, Cepi Supriyatna, Ahad (29/5).

Menurut Cepi, biaya penerbangan tahun lalu rata-rata besarnya 1.720 dolar AS. Harga ini kemungkinan naik karena harga avtur atau bahan bakar pesawat lebih tinggi. Mengenai hal tersebut, Kementerian Agama telah menjalin komunikasi awal dengan sejumlah maskapai namun belum tahu persis berapa harga yang akan dipatok.

Biaya pemondokan di Makkah pun bakal lebih besar, berkisar 3.400 hingga 3.700 riyal. Tahun lalu biaya pemondokan sebesar 3.200 riyal. Kenaikan ini, jelas Cepi, diakibatkan oleh harga yang berlaku di pasaran yang cenderung mengalami peningkatan. Pemerintah merespons kenaikan tersebut dengan memberikan subsidi dari dana optimalisasi haji.

Pada musim haji 2010, biaya pemondokan di Makkah yang dibebankan pada jamaah setelah memperoleh subsidi ialah sebesar 2.850 riyal, sedangkan harga pemondokan di Madinah kemungkinan masih tetap sama dengan tahun sebelumnya, yaitu seharga 600 riyal. Cepi menyatakan ada biaya yang kemungkinan tak berubah.

Komponen biaya tersebut adalah pelayanan umum di Arab Saudi, yaitu 277 dolar AS dan living cost untuk jamaah, 405 dolar AS. Untuk pemondokan di Madinah, pemerintah memprediksikan sama dengan tahun lalu, yaitu 600 riyal. Pemerintah, jelas Cepi, menganggarkan indirect cost atau biaya tidak langsung tak berbeda dengan tahun lalu.

Cepi berharap hal itu akan lebih mempercepat pembahasan BPIH 2011. Menurut rencana, Kementerian Agama dan DPR akan melakukan pembahasan pada Rabu (1/6) mendatang. Ia menegaskan, semangat kedua belah pihak sama agar BPIH tahun ini tidak mengalami kenaikan. Minimal sama dengan tahun lalu.

Wakil Ketua Komisi VIII, Ahmad Zainuddin, mendorong adanya efisiensi, baik pada biaya langsung maupun biaya tak langsung sehingga bisa menekan BPIH tahun ini. Efisiensi dapat diberlakukan terutama pada komponen biaya langsung seperti penerbangan.

Tahun lalu, biaya penerbangan rata-rata yang mesti dibayar jamaah adalah 1.720 dolar AS. Apabila harga avtur stabil, tentu biaya penerbangan turun. Penurunan ini juga karena kurs dolar yang dipakai tahun lalu berada di kisaran 9500 rupiah. Kurs per 29 Mei lebih rendah, yaitu Rp 8.065 per dolar.

Efisiensi lainnya diterapkan pada biaya pemondokan dan transportasi. Meski kemungkinan biaya pemondokan mengalami kenaikan, prinsipnya adalah peningkatan kualitas. Rata-rata biaya pemondokan di Makkah yang dibayar jamaah diharapkan sebesar 2.850 riyal dan pemondokan di Madinah sebesar 600 riyal.

Menurut Ahmad, penekanan BPIH dapat diupayakan pemerintah dengan menggunakan optimalisasi dana haji. Terlebih, jumlah dana optimalisasi yang dimanfaatkan membuat obligasi bertambah. Dengan demikian, perolehan hasil dari situ idealnya membuat BPIH semakin murah.

Pada biaya tak langsung, memungkinkan pula adanya efisiensi minimal 100 hingga 200 dolar AS. Dapat dicapai antara lain dengan memaksimalkan tenaga musiman haji dari Timur Tengah. “Kami akan usulkan ini dalam rapat pembahasan,” jelas Ahmad. Ia menginginkan BPIH tahun ini lebih kecil.

Pada 2010, BPIH rata-rata yang dibayar jamaah adalah 3.342 dolar AS. Jumlah tersebut turun 80 dolar AS dari BPIH 2009. Ahmad mengungkapkan, efisiensi ini penting mengingat informasi yang ia terima dari Kementerian Agama bahwa mereka mengajukan rancangan BPIH sebesar 3.700 atau 3.800 dolar AS. (rep)
Diupload oleh TS (-) dalam kategori Haji pada tanggal 30-05-2011 11:23

©2010 Kementerian Agama Republik Indonesia
http://m.kemenag.go.id/berita.php?id=7436

One response to this post.

  1. Reserved

    Balas

Leave a Reply (Tulis Pesan)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: