7386 – MCH Harus Beroperasi Sepanjang Tahun

asSalaamu’alaykum.

MCH Harus Beroperasi Sepanjang Tahun

Rabu, 04-05-2011 14:26
Jakarta (Pinmas) — Media Center Haji (MCH) harus beroperasi sepanjang tahun, tidak ad hock atau dalam bentuk kepanitiaan karena persoalan haji demikian besar dan menyangkut pelayanan publik yang luas.
Hal tersebut dikemukakan praktisi pers Parni Hadi dan para pembicara lainnya Asro Kamal Rokan, Henri Subiakto, Ihwanul Kiram dalam seminar sehari Mewujudkan MCH sebagai Pusat Media dan Informasi Haji di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (4/5). Seminar dipandu Ahmad Muhlis Yusuf dan mendapat perhatian luas dari kalangan pers dan Kementerian Agama.
Parni Hadi dan Asro Kamal Rokan sepakat bahwa MCH harus beroperasi sepanjang tahun. Sebab, pusat informasi haji itu harus menjadi tempat mencari informasi dan klarifikasi.
Bahkan Parni menyarankan MCH ke depan harus memiliki struktur tegas, tidak lagi hanya berada di bawah Kasubdit, karena beban pekerjaannya demikian besar. MCH ke depan harus nempel atau berada di Kantor Tekhnis Urusan Haji (TUH) Arab Saudi.
Ia berharap eksistensi MCH yang bekerja sepanjang tahun itu harus jelas dan segera diusulkan ke para pemangku kepentingan. MCH harus hadir secara permanen dan distrukturkan.

Siapa yang duduk di MCH itu, menurut Parni adalah orang birokrat berpengalaman, wartawan yang memahami perhajian dan kalangan profesional lainnya. Dengan demikian, informasi haji akan mengalir terus sepanjang tahun sejalan dengan tuntutan masyarakat.
Penyelenggaraan ibadah haji merupakan kegiatan nasional dan melibatkan banyak orang. Berhasil tidaknya, tergantung dari pelaksanaan haji itu sendiri juga pemberitaan medianya. Namun harus menjunjung tinggi aspek kebenaran tanpa mengabaikan aspek kritis, kata Asro Kamal Rokan.

Asro mengatakan, wartawan dalam peliputan haji harus menjunjung kebenaran. Bukan semata pada persoalan kritis atau tidak. Hal ini harus dapat perhatian agar kehadiran MCH dapat dirasakan oleh masyarakat.

Pada akhir seminar, Ahmad Muhlis mencatat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan bagi pelayanan informasi penyelenggaraan haji. Antara lain, perlunya ditingkatkan perangkat pendukung wartawan dalam bekerja di MCH, personil yang harus memantau dan mendistribusikan informasi secara berkesinambungan.
Juga perlunya kerja sama antar media di tanah air dengan media Arab Saudi untuk memperkuat pendistribusian informasi, baik saat musim haji atau dalam masa persiapan musim haji, kata Muhlis. (ant/es)
Diupload oleh TS (-) dalam kategori Haji pada tanggal 04-05-2011 14:26
SUMBER: ©2010 Kementerian Agama Republik Indonesia


28 Februari 2011 003 – Liputan Haji Perlu Diperluas

3 responses to this post.

  1. asSalaamu’alaykum.

    May 5, 2011 Possibly related posts: (automatically generated)
    http://pksrungkut.wordpress.com/2010/12/26/2010-krisis-penegakan-hukum/
    2010 Krisis Penegakan Hukum
    http://indrabestfriend.wordpress.com/2010/08/24/sejarah-kehidupan-sapi-monyet-anjing-dan-manusia/
    Sejarah kehidupan sapi, monyet, anjing dan manusia
    http://guratanpenabaru.wordpress.com/2010/06/29/menakar-usia-dengan-melihat-peta-kehidupan-rasul/
    MENAKAR USIA DENGAN MELIHAT PETA KEHIDUPAN RASUL

    Balas

  2. Cadangan

    Balas

  3. […] : KemenAg.go.id Rabu, 04-05-2011 7386 – MCH Harus Beroperasi Sepanjang Tahun Like this:SukaBe the first to like this […]

    Balas

Leave a Reply (Tulis Pesan)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s